candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA PREZI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PELAYANAN PRIMA SISWA KELAS X PEMASARAN SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Niko Sangaji - -, Sunarto - -, Kristiani - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pelayanan prima pada siswa kelas X PM SMK Batik 1 Surakarta. Melalui Penerapan Metode Course Review Horay berbantu  media Prezi diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X PM SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 34 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, teknik analasis secara kualitatif dan deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Course Review Horay Berbantu Media Prezi dapat meningkatkan hasil belajar Pelayanan Prima siswa kelas X PM SMK Batik 1 Surakarta. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada penilaian hasil belajar kognitif. Sebelum diterapkan metode course review horay berbantu media prezi nilai rata-rata kelas adalah 74 dengan presentase ketuntasan 41 %. Pada siklus  I nilai rata-rata kelas 80,35 dengan presentase ketuntasan sebesar 76,47% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas 80,59 dengan presentase ketuntasan 85,29%.

 

This research aims to improve the learning results of excellent service in Student of Class X PM SMK Batik 1 Surakarta. Trough the application of Course Review Horay method By Using Prezi Media expected can improve learning result.The research used the Classroom Action Research (CAR) which was conducted in two cycles, with each cycled planning, implementation measures, observation and reflection. The subjects were students of class X Marketing of SMK Batik 1 Surakarta totaling 34 students. Source of data derived from students, teachers, and documents. The technique of data collection is by observation, tests, documentation, and interviews. The data analysis techniques used is descriptive analysis techniques, qualitative analysis techniques and comparative description. Based on the results of the study it can be concluded the application of Course Review Horay By Using Prezi Media can improve learning results Excellent Service grade X Marketing of SMK Batik 1 Surakarta. The increase occurred in the cycle I and cycle II. This is supported by research data that shows an increase in the assessment on the third realm of cognitive learning outcomes. Before application of Course Review Horay By Using Prezi Media grade average score is 74 with the percentage of completeness 41%. In the first cycle class average value increased to 80,35 with the percentage of completeness 76,47% and the second 80,59  cycle class average value increased to 80,35 with the percentage of completeness 85,29%.


Keywords


Course Review Horay, Prezi Media, Hasil Belajar Pelayanan Prima

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.