candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMA MTA SURAKARTA TAHUN 2016

Rizkan Faif Fasani - -, Harini - -, Sunarto - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh kualitas layanan pendidikan yang terdiri dari (1) kurikulum (2)pendidik dan tenaga kependidikan (3) sarana dan prasarana (4) pengelolaan pendidikan (5) biaya pendidikan (6) daya tanggap dan (7) akses ke fasilitas terhadap kepuasan siswa .

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA MTA Surakarta yang berjumlah 600 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 siswa yang dipilih dengan teknik proportionate sratified random sampling. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif dengan desain deskriftif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk mengetahui tingkat pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan siswa. Dalam analisis data digunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: hasil perhitungan yang digunakan adalah uji F diperoleh nilai probabilitas dalam kolom Sig adalah 0,000, nilai ini lebih kecil dari 0,05,maka Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan siswa SMA MTA Surakarta (Y) secara simultan.

 Uji t digunakan untuk memperoleh nilai probabilitas. Dari ketujuh variabel diperoleh nilai lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan siswa SMA MTA Surakarta (Y) secara parsial. Berdasarkan persamaan regresi Y=-8,278 + 0,047 X1+ 0,311 X2 + 0,194 X3 + 0,071 X4 + 0,266 X5 + 0,094 X6 + 0,315 X7 + €



This study aimed to test the influence of the quality of education services consisting of (1) the curriculum (2) teachers and (3) facilities (4) management of education (5) the cost of education (6) responsiveness and (7) access to facilities.

The population in this study were students of class X and XI in SMA MTA Surakarta totaling 600 students. The sample in this study were 1 students were selected by random sampling technique sratified proportionate. This study uses quantitative methods with descriptive design. The data collection techniques implemented with a questionnaire to determine the level of influence the quality of educational services to the student satisfaction. Analysis of data using multiple regression techniques. The results of the study are as follows: the calculation results obtained using the F test probability value in the column Sig is 0,000, the value is less than 0.05. Ho then be rejected, which means a significant difference between the variable quality of educational services to the satisfaction of high school students MTA Surakarta (Y) simultaneously.

The result of the calculation using t-test probability values obtained from the seventh variable is less than 0.05 and the value of t is greater than t table then can thus be concluded that Ho rejected, which means a significant difference between the variable quality of educational services to the satisfaction of high school students MTA Surakarta (Y) partially. Based on the regression equation Y = -8.278 + 0.047 X1 + 0.311 X2 + 0.194 X3 + 0.071 X4 + 0.266 X4+ 0.094 X6 + 0.315 X7 + €



Keywords


Pendidikan, Kualitas Layanan Pendidikan, Kepuasan Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.