candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KEPUASAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN DI SMK BATIK 1 SURAKARTA

Wahyu Yudha Pranoto - -, Sunarto - -, Salman Alfarisy Totalia - -

Abstract


 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian kinerja kualitas pelayanan di SMK Batik 1 Surakarta yang meliputi dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dengan harapan siswa secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi penelitian adalah siswa SMK Batik 1 Surakarta. Sampel diambil dengan teknik proportional random. Data penelitian diperoleh dengan kuesioner. Validitas data dilakukan dengan validitas internal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Importance Performance Analysis (IPA). Simpulan penelitian ini adalah: 1) kepuasan siswa lebih rendah dari kualitas pelayanan di SMK Batik 1 Surakarta. 2) Tingginya tingkat harapan siswa terhadap kinerja pelayanan yang dilihat dari dimensi-dimensi kualitas pelayanan yang telah ditentukan, menunjukkan bahwa tingkat harapan siswa atas pelayanan yang berkualitas di SMK Batik 1 Surakarta adalah cukup penting. 3) Rendahnya tingkat kinerja kualitas pelayanan yang dilihat dari dimensi-dimensi kualitas pelayanan yang telah ditentukan menunjukkan bahwa tingkat kinerja pelayanan yang berkualitas di SMK Batik 1 Surakarta adalah kurang memuaskan siswa. 4) 30 indikator yang dianalisis terdapat 6 Indikator yang masuk dalam kuadran A yaitu prioritas utama, 10 indikator masuk dalam kuadran B (kinerja dan harapan sudah sesuai), 7 indikator masuk dalam kuadran C (dinilai rendah prioritasnya), 7 indikator masuk dalam kuadran D (dinilai berlebihan oleh siswa).

 

The purpose of this study was to determinethe suitability level of service quality performanceat SMK Batik 1which includes tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy simultaneously and partially.This study uses survey research methods. The study population was SMK Batik 1 Surakarta. Samples were taken by proportional random technique. The research data obtained by questionnaire. The validity of the data carried by the internal validity. Analysis of the data used in this research is the analysis of Importance Performance Analysis (IPA).The conclusion of this study were: 1) the satisfaction of students is lower than the quality of service in SMK Batik 1 Surakarta. 2) The high level of expectation of students on the performance of services seen from the dimensions of service quality has been determined, indicating that the level of expectation of students on a quality service at SMK Batik 1 Surakarta is quite important. 3) The low level of performance of service quality as seen from the dimensions of service quality has been determined show that the level of quality of service performance in SMK Batik 1 Surakarta is unsatisfactory students. 4) 30 indicators that are analized then there are 6 indicators included in the quadrant A, which is the main priority, 10 indicators are included in quadrantgB (performance and expevtation was based), who fall into quadrant C there are 7 indicators (low priority), 7 indicators included in quadrant D (be overestimated by students)


Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Siswa SMK Batik 1

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.