candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN SISWA SMA NEGERI 1 SUMBERLAWANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2015/2016

Melisa Dwi Anggraini - -, Sri Wahyuni - -, Salman Alfarisy Totalia - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan sekolah (Reliability, Assurance, Tangible, Empathy dan Responsivenes) terhadap kepuasan siswa SMA Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen tahun 2015/2016 secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Sumberlawang Sragen tahun ajaran2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan dan parsial antara kualitas pelayanan (Reliability, Assurance, Tangible, Empathy dan Responsivenes) terhadap kepuasan siswa SMA Negeri 1 Sumberlawang Sragen tahun 2015/2016. Besarnyapengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa siswa diperolehdari perhitungan adjusted R square sebesar 86,9%. Besarnya pengaruh variabel reliability 0,0173, assurance 0,087, tangible 0,512, empathy 0,102 dan responsivienes 0,286 diperoleh dari nilai coefficients. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa paling besar yaitu variabel tangible bukti fisik) sebesar 0,512 dan paling lemah yaitu variabel assurance (jaminan) sebesar 0,087.

 

The objective of research were to find out the effect of sevice quality school (reliability, assurance, tangible, empathy and responsivines)to student satisfaction SMA Negeri 1 Sumberlawang Sragen 2015/2016 simultaneosly and partially. Reply method used in this research is descriptive quantitative. Sample in this research is 100 student of class X and XI SMA Negeri 1 Sumberlawang Sragen.The data collection techniques used questionnaires. The data were analyzed by  using  multiple regression analysis.The results showed that there is significant influence simultaneously and partially between service quality school (reliability, assurance, tangible, empathy and responsivines) to student satisfaction SMA Negeri 1 Sumberlawang Sragen 2015/2016. The influence of the variable sevice quality to student satisfaction obtained from the calculation of adjusted r square of 86,9%. The influence of the variable reliability 0,0173, assurance 0,087, tangible 0,512, empathy 0,102 dan responsivines 0,286 derived from the value coefficients. Impact of service quality on student satisfaction is the variable most tangible at 0,512 and influence the weakest assurance at 0,087.


Keywords


Jasa Pendidikan, Kualitas Pelayanan Sekolah, Kepuasan Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.