candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Kelas X Pemasaran 3 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar)

Sri Puji Lestari - -, Bambang Wasito Adi - -, Harini - -

Abstract


Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran mata pelajaran komunikasi bisnis dengan menerapkan model pembelajaran artikulasi. Bentuk penelitian ini penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X Pemasaran 3 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) (tes). Validitas yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan teknik statistik deksriptif komparatif dan teknik analisis kritis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar dan proses pembelajaran pada siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dari empat aspek yaitu: (1) keaktifan siswa dan bertanya dan menjawab pertanyaan, (2) kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas, (3) keaktifan siswa dalam kelompok, dan (4) kedisiplinan siswa. Pada siklus I dan II, rata-rata siswa tergolong aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Sementara untuk hasil belajar pada siklus II presentase jumlah siswa yang mencapai nilai KKM ada 84%. Pada siklus II meningkat mecapai 96%.

 

 

The aim of research to improve student learning outcomes and to improve the quality of the learning process of business communication subjects by applying the learning model articulation. This study forms of classroom action research. The subjects of this study were students of Class X Marketing 3 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar totaling 41 students. Data collection techniques used, namely: (1) observation, (2) documentation, (3) (a test). The validity of the method used is triangulation and triangulation of data sources. Data analysis technique used is the analysis with comparative descriptive statistical techniques and techniques of critical analysis.

 

The results showed that the application of learning models articulation can improve learning outcomes and learning in students. Improving the quality of the learning process can be viewed from four aspects, namely: (1) active students and ask and answer questions, (2) the seriousness of students in doing the task, (3) involvement of the student in the group, and (4) the discipline of students. In cycle I and II, the average students classified as active in the learning process in the classroom. As for the second cycle of learning outcomes in the percentage of the number of students who achieve 84% KKM there. In the second cycle increased mecapai 96%.


Keywords


artikulasi, hasil belajar, dan proses pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.