candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH CITRA SEKOLAH TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SEKOLAH PADA SISWA SMK KRISTEN 1 SURAKARTA

Wulan Merdeka Sari - -, Salman Alfarisy Totalia - -, Sudarno - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya  pengaruh variabel produk, harga, tempat,promosi, orang, sarana dan prasarana, serta proses sebagai dimensi utama citra sekolah, secara simultan terhadap keputusan memilih sekolah pada siswa SMK  Kristen 1 Surakarta, (2)ada tidaknya  pengaruh  variabel produk, harga, tempat,promosi, orang, sarana dan prasarana, serta proses  sebagai dimensi  utama  citra  sekolah,secara  parsial  terhadap  keputusan  memilih  sekolah pada  siswa  SMK  Kristen  1  Surakarta.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan analisis regresi berganda. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  SMK  Kristen  1  Surakarta  tahun Pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 449 siswa.  Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak  113  responden.  Penetapan  responden  dengan  menggunakan Nonprobability  sampling  yaitu  Proportionate  stratified  random  sampling. Validitas data diperoleh melalui hasil tryout yang dilakukan kepada 30 responden.

Dari  hasil  analisis  yang  dilakukan,  diperoleh  persamaan  regresi  sebagai berikut:  Y=  3,597  +  0,465  X1  +  0,220  X2  +  0,017  X3  +  0,422  X4  +  0,074  X5  + 0,006  X6  +  0,558  X7.  Melalui  hasil  uji  F  diperoleh  nilai  probabilitas  sebesar (0,000). Hal ini berarti terdapat pengaruh secara simultan antara  variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana dan prasarana, serta proses sebagai dimensi utama citra sekolah terhadap keputusan memilih sekolah pada siswa SMK Kristen 1  Surakarta.  Hasil  uji  t  variabel  produk  diperoleh  nilai  probabilitas  sebesar (0,001),  uji  t  variabel  promosi  sebesar  (0,022),  uji  t  variabel  proses  sebesar (0,011).  Hal  ini  berarti  terdapat  pengaruh  secara  parsial  antara  variabel  produk, promosi,  dan  proses  terhadap  keputusan  memilih  sekolah  pada  siswa  SMK Kristen 1 Surakarta. 

 

The purposes of research was to find out: (1) whether or not there was an effect  of  product,  price,  place,  promotion,  people,  physical  evidence,  process  as main dimension of school image as simultaneously on the decision to choose the school  at  students  of  SMK  Kristen  1  Surakarta  (2)  whether  or  not  there  was  an effect  of  product,  price,  place,  promotion,  people,  physical  evidence,  process  as main dimension of school image as partially on the decision to choose the school at  students  of  SMK  Kristen  1  Surakarta.  This  research  is  quantitative  research using  descriptive  methods  and  multiple  regression  analysis.    The  population  in this  research  is  class  X,  XI  and  XII  SMK  Kristen  1  Surakarta  amount  to  449 students.  The  samples  amount  are  113  samples,  respondent  determination  is  by using  nonprobability  sampling  that  is  proportionate  stratified  random  sampling. The  data  validity  was  obtained  from  the  result  of  tryout  conducted  with  30 respondents. 

From  the  analysis  results,  regression  equation  is  obtained,  that  is:  Y= 3,597 + 0,465 X1 + 0,220 X2 + 0,017 X3 + 0,422 X4 + 0,074 X5 + 0,006 X6 + 0,558 X7. Seen from the result of F-test obtaining probability value of (0,000). It mean that  there  was  a  simultaneous  effect  of  product,  price,  place,  promotion,  people, physical evidence, process as main dimension of school image on the decision to choose the school at students of SMK Kristen 1 Surakarta. The result of t-test on product  variables  obtaining  probability  values  of  (0,001)  respectively,  t-test  on promotion  variables  values  of  (0,022)  respectively,  t-test  on  process  variables values of (0,011) respectively. It meant that there was a partial effect of product, promotion,  process  variables  on  the  decision  to  choose  the  school  at  students  of SMK Kristen 1 Surakarta. 

 


Keywords


Citra Sekolah, Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Sarana dan Prasarana, Proses, Keputusan Memilih Sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.