candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS I SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Yun Ismi Wulandari - -, Sunarto - -, Salman Alfarisy Totalia - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) observasi, (b) tes, (c) dokumentasi, (d) wawancara. Teknik untuk keabsahan data digunakan triangulasi sumber data dan teknik. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif, analisis kuantitatif sederhana dan kualiatatif. Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, (d) refleksi.

            Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dengan penerapan model discovery learning dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I kemampuan berfikir kritis siswa ditinjau dari indikator-indikator kemampuan berfikir kritis meningkat 22,83% (presentase prasiklus yaitu 47,17% dan 70,00% pada siklus I). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 11,83% (nilai rata-rata hasil belajar pra siklus 72,27 (2,89) dan siklus I 3,36 84,10 (3,36) dengan presentase ketuntasan yang meningkat 30% (presentase ketuntasan prasiklus sebesar 43,33% dan 73,33% pada siklus I). Pada siklus II kemampuan berfikir kritis siswa terus mengalami peningkatan, terbukti kemampuan berfikir siswa ditinjau dari indikator-indikator kemampuan berfikir kritis meningkat 11,50% (presentase siklus I sebesar 70,00% dan siklus II sebesar 81,50%). Hasil belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 8% dan presentase ketuntasan meningkat 13,34% (presentase siklus I 73,33 dan siklus II 86,67%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan model discovery learning dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada pelajaran Ekonomi kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.

 

 

The purpose of this research is to improve critical thinking skills and students learning outcomes of economic subject at class XI IIS I of Senior High School 6 Surakarta in academic year of 2014/2015 with the implementation of discovery learning Model by using scientific approach. The subjects were students of class XI IIS 1 of Senior High School 6 Surakarta in the academic year of 2014/2015 with 30 students. Sources of data derived from the teachers, students, and documents. The technique of data collection used are (a) Observation, (b) Test, (c) documentation, (d) interviews. Techniques for the validity of the data used triangulation of data sources and triangulation tec hniques. Comparative analysis, simple quantitative and qualitative analysis is used for analyzing the data. The procedures of this research are (a) planning, (b) action, (c) observation, (d) reflection.

Based on the research results, the learning process with the implementation of discovery learning model by using scientific approach can improve critical thinking skills and learning outcomes of the students. It depends on the critical thinking skills cycle according to the indicators. These indicators increase 22,83 % (pre cycle percentage 47,17% and 70,00% on the first cycle). The students learning outcomes also increased 11,83% (the pre cycle average points 72,27 (2,89) and the first cycle 3,36 84,10 (3,36)) by the completeness presentation 30% (the pre-cycle completeness percentage is 43,33% and 73,33% on the first cycle). On the cycle II, the critical thinking skills of students continue to increase, it can be seen that the critical thingking indicator increase 11,50% (the first cycle percentage is 70,00 % and second cycle is 81,50%. Student learning outcomes on cycle II is also increased 8% and the completeness percentage is 13,34% (the first cycle percentage 73,33 and second cycle 86,67%). The conclusion of this research is the implementation of Discovery Learning Model by using scientific approach can improve students’ critical thinking skills and learning outcomes in Economics subject at class XI IIS I of Senior High School 6 Surakarta, in the academic year of 2014/2015.


Keywords


Discovery Learning, pendekatan saintifik, kemampuan berfikir kritis, hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.