candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS 1 PADA MATERI EKONOMI DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Dewi Tinjung Sari, Kristiani . ., Dewi Kusuma Wardani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi Ekonomi kelas X IIS 1 SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 1 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 peserta didik. Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari segi aspek yaitu indikator-indikator berpikir kritis pada pra siklus 27,1%, siklus I 70,17%, dan siklus II 82,52% dan jika ditinjau dari segi individu pada pra siklus 16,13%, siklus I 70%, dan 85,48%. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata pra siklus 78,41 (persentase ketuntasan 71,88%), siklus I menjadi 82,67 (persentase  ketuntasan 84,38%), dan siklus II menjadi 85,54 (persentase ketuntasan 93,75%).

 

The purpose of this research is to improve critical thinking skills and students learning outcomes of economic lesson at class X IIS 1of Senior High Sschool 3 Surakarta in the academic year of 2014/2015 with the implementation of Problem Based Learning (PBL) model. The type of this research is classroom action research. The subject of this research is students at X IIS 1 of Senior High School 3 Surakarta in the academic year of 2014/2015 with 32 students. The procedures of this research are (a) planning, (b) action, (c) observation, and (d) reflection. Based on the research results, the learning process with the implementation of Problem Based Learning (PBL) model can increase the critical thinking skills and learning outcomes of the students. It can be seen in the cycle I that the students’ critical thinking skills in terms of every indicator aspect are pre research 27,1%, cycle I 70,17%, and cycle II 82,52%, and the individual critical thinking skills are pre cycle 16,13%, cycle I 70%, and cycle II 85,48%. Students learning outcomes are also increased at pre cycle have average value 78,41 (percentage of completeness 71,88%), cycle I becomes 82,67 (percentage of completeness 84,38%), cycle II becomes 85,54 (percentage of completeness 93,75%).


Keywords


Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir kritis, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.