candi borobudur kerajaan di indonesia

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MATA KULIAH MENGGAMBAR TEKNIK

Adi Tries Jumaidi, A.G Tamrin, Budi Siswanto

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) Merancang video pembelajaran menggunakan camtasia
sebagai media pembelajaran interaktif (2) Mengetahui hasil perancangan video pembelajaran
menggunakan camtasia sebagai media pembelajaran interaktif (3) Mengetahui hasil
pemanfaatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran interaktif.
Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan. Tempat penelitian
Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Subjek penelitian mahasiswa yang mengambil
mata kuliah menggambar teknik tahun ajaran 2012/2013. Prosedur penelitian meliputi studi
kebutuhan dilapangan, studi literatur, pembuatan rancangan isi, penulisan naskah, produksi
media video pembelajaran, uji coba, evaluasi dan revisi, penyempurnaan, penggandaan dan
produksi massal. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis
deskriptif dengan cara mereduksi data, mensajikan data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) tahapan perancangan media video
pembelajaran yaitu: pembuatan GBPM, penulisan naskah, pembuatan gambar, pengumpulan
objek pendukung media video dan penganimasian, perekaman video, editing, penggabungan
menjadi tutorial dan produksi. (2) hasil perancangan video pembelajaran yang dikemas dalam
bentuk DVD tutorial termasuk kategori Baik (80,63 %). Penilaian aspek penyajian isi materi
dalam video kategori Sangat Baik (84,57 %), penilaian penyajian contoh latihan dalam video
kategori Sangat Baik (81,12 %), penilaian kualitas desain media kategori Baik (77,48 %)
dan penilaian kualitas pembelajaran menggunakan video kategori Baik (80,11 %). (3) hasil
pemanfaatan video pembelajaran oleh mahasiswa menunjukkan bahwa penyajian isi materi
dan tutorial praktek yang diberikan dapat dipahami. Terbukti hasil uji kompetensi dasar yaitu:
penilaian gambar konstruksi yang benar sejumlah 62 mahasiswa dari total 68 mahasiswa. Jadi
program media video pembelajaran yang dibuat, dapat digunakan sebagai rujukan sumber
belajar bagi mahasiswa materi menggambar konstruksi perspektif dan bayangan.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Video Pembelajaran, Menggambar Teknik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.