candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMEN SYSTEM (LMS) DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Muhammad Arif Liputo

Sari


Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses dan proses instruksional agar mahasiswa dapat secara aktif mengembangkan potensi diri yang bersesuaian dengan tujuan instruksinal yang telah ditetapkan. Interaksi instruksional mengandung setidaknya tiga unsur terkait, antara lain peserta didik, materi pembelajaran dan strategi pembelajaran. Perkembangan ICT telah memungkinkan untuk melakukan control atau manajemen terhadap ketiga unsur tersebut, agar tercapai pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pedekatan system dalam merancang dan mengembangkan Manajemen Learning Sistem untuk mata kuliah Akuntansi di Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Untuk analis terhadap materi dan kebutuhan pembelajaran digunakan model pengembangan Dick dan Carey sedangkan untuk pengembangan Manajemen Learning System (MLS) digunakan pendekatan Learning Technologi System Architecture. Hasil penelitian ini menghasikan model procedural MLS pembelajran Akuntansi, Software pembelajaran, dan seperangkat bahan ajar yang telah dikemas dalam bentuk CD dan bahan ajar dalam bentuk tercetak, serta web yang menjadi suplemen dalam pembelajaran Akuntansi.

Kata Kunci: Magement Learning System, Pembelajaran Akuntansi


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anoninous. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1, ayat 1.

Dabbagh, Nada, dan Bannan, Brenda, dan Ritland.. 2005. Online Learning, Concepts, Strategi, and Application. New Jersey: Pearson Education

Dick, Walter, and Lou Carey. 1990.The Systematic Design Of Instructional. Glenview, Illioins: Scott, Foresman/Little, Brown Higher Education,

Gagne, Robert M. 1985.Condition Of Learning and Theory Of Instruction. USA: Rinehart and Winston.

Gall, Meredith D., at all., 2007.Educational Research, Eight Edition. Boston: Pearson Educational, Inc.,

Gilbert, John K., Boutler, Carolyn, J. 2000.Developing Model In Science Education. Boston: Kluwer Academic Publishers,

Gustafson, Kent L., Robert Maribel. 2002.Survey Instructional Development Model. New York: Eric Clearinghouse,

Jones, Paul, and Davis, Rita. 2011.The Design Methods Integrating Instructional Technology. New York:Information Science.

Joyce Bruce,Weil Marsha, Emily. 2009Models Of Teaching. New Jersey: Pearson Education..

Lockyer, Lori., Bennett, Sue., at all. 2009.Handbook Of Reasearch on Learning Design and Learning Objects, Issues, Application, and Technologies: New York: Information Science Reverence.

Pribadi, Benny A. 2010.Model Disain Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Reigeluth, Charles M., Alison A., 2009.Chellman, Carr. Instructional Design Theories and Model. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Reiser, Robert A. 2007.Trend and Issues In Instructional Design and Technology. New Jersey: Pearson Education.

Richey, R.C., James D. Klein, and Monica W. Tracey. 2012.The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research, and Practice. New York: Routledge,

Richey, RC., dan Nelson W.A. 2000Development Research, handbook of Research For Education and Technologi. New York: Maximillan Library,

Sanjaya, Wina. 2008.Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Group.

Sukmadinata, 2005.Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Suparman, M. Atwi. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga, 2012.

Seels, dan Richey, dan James Richey. Tracey Monica W., The Instructional Design Knowledge. New York: Routledge. 2011.

Young, Patricia A. Instructional Design Framework and Intercultural Model. USA: IGA Global. 2009.

Yufiati. Psikologi Pendidikan dan Penerapannya. Jakarta: Yayasan Pusat Pengembangan Kemampuan Manusia. 2009.

Wolf, Peter, at al., Handbook For Curriculum Assessment. Canada: Guelph University. 2006.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.