candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KIT PERCOBAAN PENENTUAN PERCEPATAN GRAVITASI DENGAN MENGGUNAKAN NERACA PEGAS BRAILLE UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VIII

Rifqi Fatihatul, Sri Budiawanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskanproses pembuatan kit percobaan penentuan percepatan gravitasi dengan menggunakan neraca pegasbraille untuk siswa tunanetra yang memenuhi kriteria baik dan untuk menjelaskanhasil ujicoba kit percobaan penentuan percepatan gravitasi dengan menggunakan neraca pegas braille kepada siswa tunanetra.

Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap perancanngan desain media, tahap pembuatan media, tahap validasi media, dan tahap ujicoba siswa tunanetra. Langkah-langkah tersebut harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran.Data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian,media pembelajaran berupa kit percobaan penentuan percepatan gravitasi dengan menggunakan neraca pegas braille yang telah dibuat, disimpulkan telah memenuhikriteria baik, berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media, yang didukung oleh hasil ujicoba terbatas sehingga kit tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa tunanetra kelas VIII. Hasil ujicoba kit percobaan penentuan percepatan gravitasi dengan menggunakan neraca pegas braille kepada siswa tunanetra menunjukkan hasil pengukuran percepatan gravitasi yang sama dalam batas ketidakpastian pengukuran antara orang awas (normal) dan siswa tunanetra. Selain itu siswa tunanetra tidak merasa kesulitan dalam melakukan praktikum tersebut.

 

Kata kunci : deskriptif kualitatif, praktikum, fisika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret

Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta

Website : http://fisika.fkip.uns.ac.id

Email : seminarnasionalfisika@gmail.com