candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI

Richa Anisa Khasanah, Usada, Siti Wahyuningsih

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve concept understanding about the struggle maintain of independence. This research was classroom action research that conducted in two cycles. Each cycles consisted of two confluence and each confluence consist of four phases are planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were elementary school student in fifth grade of Setono No. 95 academic year 2015/2016 which amounts to 37 students consist of 16 girls and 21 boys. The technique of colleting data were observation, inteview, test, and documentation. The tehnique of analyzing data were the interactive model of analysis (Miles & Huberman) and comparative descriptive. The average value of the pre-cycles 53,38; the first cycle raise to 68,04 and the second cycle raise to 77,97. The conclusion of this research is improvement concept understanding about the struggle maintain of independence with use of monopoly games media in the fifth grade student of Elementary School Setono No. 95 Surakarta year 2015/2016.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ni merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Setono No. 95 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah dari 37 siswa yang terdiri dari 16 perempuan dan 21 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif (Miles & Huberman) dan deskriptif komparatif. Rata-rata nilai prasiklus 53,38 dan meningkat pada siklus 1 menjadi 68,04 dan meningkat menjadi 77,97 pada siklus 2. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan menggunakan media permainan monopoli pada siswa kelas V SDN Setono No. 95 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan, Media Permainan Monopoli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786