candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIME TOKEN ARENDS

Ralia Anhar, Kartono, MG Dwijiastuti

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the speaking skill by Cooperative Model Time Token Arends. The form of this research is classroom action research (CAR), which conducted of two cycles.  Data ollecting  techniques were observation, interview, documentation, and test. Validity of data was triangulation of resources. The data analysis technique was interactive model. The results of this research showed that cooperative model Time Token Arends could improve the speaking skill of force in the fifth grade of SD Negeri 02 Klodran.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menigkatkan keterampilan berbicara dengan penerapan model Kooperatif Time Token Arends dalam pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model Kooperatif Time Token Arends dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri 02 Klodran.

 

Kata Kunci: Model Kooperatif Time Token Arends, Keterampilan Berbicara

Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786