PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS DESKRIPSI
Abstract
Abstract:The purpose of this research is to improve the ability of writing descriptive text by using Contextual model in 2th grade student of SDN Banaran Boyolali in academic year 2013/2014.This research is classroom action research (CAR), it conducted during two cycles.The technique of analyzing data is interactive analysis (Miles & Huberman) consist of three components, they are data reduction, data display, and conclusion. The techniques of collecting data used are documentation, observation, interview, and test. The data validity are source triangulation and technique triangulation.Based on the research result, it can be concluded that the used of Contextual model can improve the ability of writing children’s story in 2thgrade student of SDN Banaran Boyolali in academic year 2013/2014.
Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan model kontekstual pada siswa kelas II SDN Banaran Boyolali Tahun Pelajaran 2013/ 2014.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif (Miles& Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes.Uji validitas penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas II SDN Banaran Boyolali Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Kata Kunci: model kontekstual, keterampilan, menulis deskripsi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2337-8786