PENERAPAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI
Abstract
Abstarct: The purpose of this research is to improve the persuasion writing skill by Mind Mapping. The form of this research is classroom action research (CAR), which conducted of three cycles. Collecting data techniques were observation, interview, documentation, and test. Validity of data were triangulation of resources and triangulation of methodology. The data analysis technique was interactive model. The results of this research showed that mind mapping could improve the persuasion writing skill of force in the fourth grade of SD Negeri 01 Suruh.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menigkatkan keterampilan menulis persuasi dengan penerapan Mind Mapping dalam pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama tiga siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi pada siswa kelas V SD Negeri 01 Suruh.
Kata Kunci: Mind Mapping, Keterampilan Menulis, Persuasi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2337-8786