PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL QUESTIONING (REQUEST) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF
Abstract
Abstract: The purpose of this research is to know the influence’s difference of students intensive reading ability between that is used Reciprocal Questioning (ReQuest) learning method and Guided Reading Procedure (GRP) learning method. This research was quantitative research that use experimental research method. The sampling technique is cluster random sampling. The data collection technique was used test, interview, and observation. Based on hypothesis test, the result of this research shows that tcount > ttable, 2,6333 > 2,01174 (group A) dan 2,0049 > 2,00030 (group B), so H0 is rejected. The conclusion of this research is that using ReQuest learning method is better than using GRP learning method to student’s intesive reading ability.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh kemampuan membaca intensif siswa antara yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Reciprocal Questioning (ReQuest) dengan metode pem-belajaran Guided Reading Procedure (GRP). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan observasi. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,6333 > 2,01174 (kelompok A) dan 2,0049 > 2,00030 (kelompok B), sehingga H0 ditolak. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran ReQuest memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran Guided Reading Procedure (GRP) terhadap kemampuan membaca intensif siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2337-8786