PENINGKATAN ANALISIS KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELAS BERBASIS EKSPERIMEN
Abstract
Abstract: The purpose of this research is to improve the concept analyze the concept of the characteristic of light through The Cooperative Learning type Round Class based Experiment. The form of this research is classroom action research (CAR), which consists of two cycles. Data is collected by using observation, interview, documentation, and test. Data validity of this research used triangulation of resources and methodological triangulation. The data analysis technique used is the interactive model. The result of this research showed that The Cooperative Learning type Round Class based Experiment could improve the concept analyze the concept of the characteristic of light in the fifth grade students of SD Negeri 03 Suruhkalang.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menganalisis tentang konsep sifat-sifat cahaya melalui pembelajaran kooperatif tipe Keliling Kelas berbasis eksperimen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Keliling Kelas berbasis eksperimen dapat meningkatkan kemampuan menganalisis tentang konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 03 Suruhkalang.
Kata Kunci: Sifat-sifat Cahaya, Model Kooperatif tipe Keliling Kelas Berbasis Eksperimen, Analisis Konsep.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2337-8786