UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE
Abstract
Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep daur air dengan menerapkan metode Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas V SDN Premulung No. 94 Tahun Pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.. Validitas data dari penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SDN Premulung No. 94 Tahun Pelajaran 2013/2014.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2337-8786