candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI

Ridho Himawan, Kartono, karsono

Abstract


Abstarct: The purpose of this research is to improve the argumentation writing skill by using Mind Mapping methods. The form of this research is classroom action research (CAR), which conducted of three cycle.  Collecting data techniques use observation, interview, documentation, and test. Validity of data is triangulation of resources and triangulation of methodology. The data analysis technique used interactive model. The results of this research showed that mind mapping methods could improve the argumentation writing skill of force in the fourth grade of SD Negeri 01 Gedong.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menigkatkan keterampilan menulis argumentasi dengan penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Gedong.

 

Kata Kunci: Mind Mapping, Keterampilan Menulis, Argumentasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786