PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE

prihatin nurul aslamin

Abstract


Abstract : This study aims to improve the skills of writing descriptions in fifth grade elementary school students 03 Bulu school year 2012/2013 through the method of Picture and Picture. This research is a form of action research conducted in two cycles. Analysis using descriptive models comparative analysis technique by comparing the results of prior research conducted with the results at the end of each cycle after the study. Data collection techniques used were interviews, observation, testing, and documentation. The results showed that the use of the method of Picture and Picture in Indonesian learning can improve students writing skills in the class description SDN 03 Bulu Sukoharjo academic year 2012/2013.

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 03 Bulu tahun ajaran 2012/2013 melalui metode Picture and Picture. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik analisis data menggunakan  teknik analisis model deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil sebelum dilakukan penelitian dengan hasil pada akhir tiap siklus setelah penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Picture and Picture dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan  keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN 03 Bulu Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata Kunci: Menulis deskripsi, Picture and Picture


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.