candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SD GUGUS GUNANDAR

Esti Setya Nugraheni, Suroso, Yustinus

Abstract


Abstract. This research aims to know the significance of the differences of the influence model of learning Problem Based Learning and Project Based Learning results students learn math 4th grade Blora Regency, Cluster Gunandar semester II in 2017/lessons 2018. This research is quasi experimental research. The population in this study students 4th grade Cluster Gunandar. The sample in this research grade 4A and 4B SD Negeri Kedungjenar chosen by purposive sampling technique. Data obtained using tests and observation. Data analysis conducted with descriptive analysis, test and test the normality of its homogeneity as a prerequisite test before doing the test is different (t). The results showed that there was no significant difference between the use of model learning Problem Based Learning in the control group and Project learning model Based Learning Group experiments. This is a review of the results of learning math 4th grade Cluster Gunandar 2017/2018 lesson II year semester. Evident from the t test results indicate that the sig (2-tailed) indicates numbers 0.714 meaning 0.714 > 0.05. Whereas t count of 0.368. DF = 63, t table of 1.998 so 0.368 < 1.998. So Ho and Ha was rejected.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD Gugus Gunandar Kabupaten Blora semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 4 SD Gugus Gunandar. Sampel dalam penelitian ini  siswa kelas 4A dan 4B SD Negeri Kedungjenar yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang dilakukan dengan analisis deskriptif, uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan uji beda (t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelompok kontrol dan model pembelajaran Project Based Learning pada kelompok eksperimen. Hal ini ditinjau dari hasil belajar matematika kelas 4 SD Gugus Gunandar semester II tahun pelajaran 2017/2018. Terbukti dari hasil uji t menunjukkan bahwa sig. ( 2-tailed) menunjukkan angka 0,714 yang berarti 0,714 > 0,05. Sedangkan t hitung sebesar 0,368. Df = 63, t tabel sebesar 1,998 jadi 0,368 < 1,998. Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Project Based Learning, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786