candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE DISKUSI BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SAMPANGAN NO.26 KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Aditya Bima Sakti, Rukayah, Hasan Mahfud

Abstract


Abstract:The purpose of this study is to improve the skills of writing poetry through brainstorming method on the fifth graderstudents of  Elementary School of Sampangan No.26 Surakarta in the academic year 2016/2017. This form of research is a Classroom Action Research (CAR) which is carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study are the students of five B grade V of Elementary School of Sampangan No.26 Surakarta which amounted to 20 students (11 sons and 9 daughters). Sources of data in this study consisted of events, informants, and documents. Data collection techniques are by interview, observation, test, and documentation. The technique of data validity test using triangulation technique of source and triangulation technique. Data analysis technique using interactive analysis model Miles & Huberman (1984). Based on the results of research that has been implemented can be concluded that the implementation of brainstorming discussion method can improve the skills of writing poetry on the fifth grader students of  Elementary School of SampanganNo.26 Surakarta in the academic year 2016/2017.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode brainstorming pada siswa kelas V SD Negeri Sampangan No.26 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD N Sampangan No.26 Surakarta yang berjumlah 20 siswa (11 putra dan 9 putri). Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman (1984). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa  penerapan metode diskusi brainstorming dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD N Sampangan No.26 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: metode diskusi Brainstorming, keterampilan menulis puisi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786