candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Azizah Himawati, Endang Sri Markamah, Hartono Hartono

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dalam pembelajaran keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV salah satu SD Negeri di Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV sebuah SD Negeri di Kabupaten Kebumen dengan jumlah 28 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data tersebut dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV sebuah SD Negeri di Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, Scramble, keterampilan menulis pantun 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786