candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 1 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015

Masrukhin Masrukhin

Abstract


Abstract: The Use of Contextual Teaching and Learning Model with Concrete Object Media in Improving Mathematics Learning at The Fifth Grade Student Of SDN 1 Karangsari Academic Year of 2014/2015. This research are aims to describe the use of Contextual Teaching and Learning with concrete object media and improve mathematic learning at the fifth grade student. This research is a Classroom Action Research (CAR) collaborative was implemented in three cycles, each cycle consist of planning, action, observation and reflection. The subjects were fifth grade students of SDN 1 Karangsari totaling 22 students. Data collection techniques used tests, observations, interviews, and documentation. The validity of data using triangulation techniques and triangulation of data sources. The results showed that the use of Contextual Teaching and Learning Model with Concrete Object Media in accordance appropriate steps can improve mathematic learning at the fifth grade student of SDN 1 Karangsari.

Keywords: CTL, Concrete Object, Mathematic

Abstrak : Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas V SDN 1 Karangsari Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Contextual Teaching and Learning dengan media benda konkret serta meningkatkan pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN 1 Karangsari tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Karangsari yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dengan media benda konkret sesuai dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari.

Kata Kunci: CTL, Benda Konkret, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.