candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN RANAH AFEKTIF KEJUJURAN DALAM KEHIDUPAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN PEKUNCEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ana Ruhul

Abstract


Abstrak: Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Ranah Afektif Kejujuran Dalam Kehidupan Sosial Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Pekuncen Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengapa diperlukan pendidikan karakter dan mengetahui seberapa jauh pengaruh pendidikan karakter terhadap  pembentukan ranah afektif kejujuran dalam kehidupan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Pekuncen yang memiliki tingkat kejujuran sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk ranah afektif  kejujuran. Pengaruh pendidikan karakter di sekolah kurang dapat membentuk karakter kejujuran siswa, tanpa adanya usaha pendidikan yang komprehensif.

 

Kata kunci: pendidikan karakter, kejujuran, ranah afektif.


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.