candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN SE-KECAMATAN KEBUMEN

syukron zahidi arrahmi

Abstract


Abstrak: Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh kedisiplinan dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif expost facto, dengan populasi siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen dan sampel 6 SDN. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi ganda. Hasil analisis bahwa F hitung lebih besar dari F tabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan: terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial.

 

Kata Kunci: kedisiplinan, kemandirian, ilmu pengetahuan sosial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.