candi borobudur kerajaan di indonesia

MODEL PEMBELAJARAN TGT DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

MUJI KUWATI

Abstract


Abstract: Learning Model TGT in Improving Learning PKN of Student Grade IV Weton Kulon State Elementary School. This aims to research are to describe proces learning model TGT in improving PKn and to describe are to exceed and to less the using of model TGT in improving PKn. This study uses classroom research (CAR) to do three cycles, the each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that use of learning is proces and learning outcomes, this is proved by each cycle studied according to the steps model TGT was explained into 5 steps which can performed by good.

 

Abstrak: Model Pembelajaran TGT dalam Peningkatan Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses model pembelajaran TGT dalam peningkatan pembelajaran PKn dan untuk mendeskripsikan adanya kelebihan dan kekurangan penggunaan model TGT dalam peningkatan pembelajaran PKn. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan pembelajaran yaitu proses dan hasil, terlihat dari setiap siklus pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah model TGT yang terjabar dalam 5 langkah yang terlaksana dengan baik.

 

Kata Kunci: model TGT, pembelajaran PKn, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.