candi borobudur kerajaan di indonesia

PELAKSANAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PERAGA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA

Dwi Astuti

Abstract


Oleh:

Dwi Astuti 1, Suhartono 2,Warsiti 3

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

1 Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNS

2, 3 Dosen S1 PGSD FKIP UNS

e-mail: dwiastuti.setiyawan@ymail.com

Abstrak. PELAKSANAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PERAGA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dengan peraga konkret dalam pembelajaran IPA; (2) meningkatkan pembelajaran IPA dengan peraga konkret.  Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi waktu. Data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini: (1) pelaksanaan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dengan peraga konkret dapat meningkatan pembelajaran IPA; (2) peningkatan pembelajaran IPA pada siklus I dengan ketuntasan 90,63%, siklus  II 93,75%,  siklus III  98,88%.

Kata kunci: STAD, Peraga Konkret, Peningkatan Pembelajaran,IPA

 

Abstract. COOPERATIVE MODEL TYPE OF STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION TEAMS (STAD) FIGURE WITH CONCRETE IN ENHANCING LEARNING IPA. This study aims to: (1) describe the implementation of student teams achievement division (STAD) cooperative models with concrete props in science teaching, (2). improving science teaching with the teaching of concrete. Data sources of this study are students, teachers, and documents. Data collection techniques using observation, testing, interviews, questionnaires, and documentation. The validity of the data using triangulation of data sources and triangulation time. Data in the form of qualitative data and quantitative data. Conclusions of this study: (1) the implementation of student teams achievement division (STAD) cooperative models with concrete props can improve science learning, (2) an increase in learning science in the first cycle with a mastery 90.63%, 93.75% second cycle, third cycle 98.88%.

Key words: STAD, Figure Concrete, Improved Learning, Science


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.