candi borobudur kerajaan di indonesia

Nyanyian Melintas Zaman: Kajian Musikalitas Lagu Anak-anak Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia

Karsono .

Sari


ABSTRAK Lagu anak-anak dalam dunia pendidikan anak di Indonesia saat ini mengalami krisis eksistensi. Indikatornya adalah kurangnya karya-karya baru lagu anak-anak yang dapat beriringan dengan perkembangan zaman dewasa ini. Akhirnya, lagu anak-anak karya lama tetap digunakan dalam pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat mengapa lagu anak-anak karya lama, secara musikal tetap mampu bertahan di dunia pendidikan anak hingga kini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pengamatan, studi diskografi, dan studi pustaka. Analisa data menggunakan teknik triangulasi data dan sumber dengan model analisis interaktif yang difokuskan pada tiga unsur yaitu unsur musikal, unsur teks music dan unsur estetika bentukan. Hasil kajian menunjukkan bahwa lagu anak-anak karya lama tetap mampu bertahan hingga kini karena: (1) unsur-unsur musikalnya sederhana sehingga mudah dinyanyikan anak-anak, (2) tema pesan teks yang mudah dipahami anak-anak, (3) memiliki estetik musikal yang kuat ketika dinyanyikan anak-anak. Ketiga faktor inilah yang menyebabkan lagu anak-anak karya lama tetap bermakna dalam pendidikan anak-anak di Indonesia pada masa lalu, masa kini, hingga masa yang akan datang.

Kata kunci  musikalitas, lagu anak-anak, pendidikan.

ABSTRACT Children's songs in the world of education in Indonesia are currently experiencing a crisis of existence. It shown on the lack of new works of children's songs that can be match with the present. Finally, Indonesian children's old songs still used in children’s education. This research aims to look at why children's old songs, in the musical terms, still able to survive until now. This research use qualitative methods of data collection techniques such as observation, discography studies, and literature. Data analysis using data triangulation source and technique with interactive analysis model that is focused on three elements, namely elements of music, text of music, and aesthetic construction. The results of the study showed that children's songs old works still able to survive until now because: (1) simple musical elements so easily sung by children, (2) the theme text messages are easy to understand children, (3) has an aesthetic strong musical when sung by children. The three factors that causes children's songs old pieces remained significant in the education of children in Indonesia in the past, the present, to the future.

Keywords: musicality, children’s songs, education.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.