candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA PEWARNA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA SEKUNDER PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TK ISLAM BAKTI XII WONOREJO GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015

Okki Fatimah, Idam Ragil, Karsono .

Sari


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna sekunder melalui penggunaan media pewarna bahan alam pada peserta didik kelompok A TK Islam Bakti XII Wonorejo Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan, dengan empat tahap yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan kelas pada uji pratindakan sebesar 20%, pada siklus I diperoleh hasil ketuntasan kelas sebesar 65%, dan pada siklus II ketuntasan kelas mencapai 85%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pewarna bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna sekunder pada peserta didik kelompok A TK Islam Bakti XII Wonorejo Tahun Ajaran 2014/2015.

Kata kunci: Media Pewarna Alami, Warna Sekunder

 

ABSTRACT: The objective of this research is to improve ability to recognize the secondary color by using dye natural materials media in group A of kindergarten Islam Bakti XII Wonorejo in Academic Year 2014/2015. The form of this research is classroom action research (CAR), which conducted in two cycles and each cycle conducted in three meetings, in four phases; planning, action, observation, and reflection. The data collection techniques use interview, observation, testing (task), and documentation. Validity of the data using the source triangulation, and methods triangulation. Data analysis using descriptive comparative and interactive data analysis from Miles and Huberman The result of research shows that in the class completeness of recognize secondary color in pretest by 20%, in the first cycle the class completeness increased to 65%, and the second cycle the class completeness become 85%. The conclusion of this research is the application dye natural materials media can improves the ability to recognize of secondary color in group A of kindergarten Islam Bakti XII Wonorejo in Academic Year 2014/2015.

Keywords: Dye Natural Media, Secondary Color

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.