candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A TKIT NUR HIDAYAH TAHUN AJARAN 2013/2014

Siti Aminah, Siti Kamsiyati, Ruli Hafidah

Sari


ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-10 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing pada anak kelompok A TKIT Nur Hidayah tahun ajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TKIT Nur Hidayah yang berjumlah 13 anak dan satu orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis diskriptif komparatif, analisis kritis, dan analisis interaktif. Hasil penelitian menujukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-10 pada anak kelompok A TKIT Nur Hidayah.

Kata Kunci: Kemampuan Penjumlahan, Model Pembelajaran Kooperatif Teknik   Kancing Gemerincing.

ABSTRACT Classroom action research aims to improve the ability of the sum 1-10 through the application of cooperative learning techniques in children clattering studs group A TKIT Nur Hidayah of in academic year 2013/2014. Classroom action research was conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Subjects were child’s A group TKIT Nur Hidayah numbering 13 children and one teacher. Data collection techniques used are observation, interviews, performance testing and documentation. Source analysis of the data uses an interactive model of data. The analysis technique used is a comparative descriptive techniques, critical analysis and interactive analysis. The results showed that the application of cooperative learning model clattering studs techniques can improve the child's ability to sum 1-10 group A TKIT Nur Hidayah.

Keyword: Addition Capabilities, Cooperative Learning Model Engineering Clatter Buttons

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.