candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Adhitya Eko Hartanto, Sukarno ., Kuswadi .

Sari


AbstrakĀ Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Meningkatkan minat baca melalui bermain kartu kata bergambar pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Surakarta tahun pelajaran 2013/2014, 2) Mendiskripsikan implementasi bermain kartu kata bergambar dalam meningkatkan minat baca pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Negeri Pembina Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Sumber data berasal dari anak, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan minat baca, dari kondisi awal dengan menggunakan pretest diperoleh hasil ketuntasan 30% dari jumlah seluruh anak dalam satu kelas. Setelah dilakukan tindakan siklus I ketuntasan meningkat menjadi 57% dan setelah tindakan siklus II menjadi 83%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan bermain kartu kata bergambar dapat meningkatkan minat baca anak Kelompok B TK Negeri Pembina Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.

Kata kunci: Minat Baca, Pembelajaran melalui Bermain, Kartu Kata Bergambar

Abstract The purposes of this research are to: 1) Increase the reading interest through illustratedword play cards on children group B TK Negeri Pembina Surakarta Academic Year 2013/2014, 2) Describe the implementation of playing the illustrated word play cards in increasing the reading interest to children group B TK Negeri Pembina Surakarta academic year 2013/2014. The form of this research is an action research (PTK). The subjects are kindergarten children in group B TK Negeri Pembina Surakarta academic year 2013/2014. Source data comes from children, informants, and documents. Data collection techniques are observation, interviews, documents, and test. The validity of the data is using triangulation techniques and techniques. Analysis of data is using interactive model Miles and Huberman. The proceduresare consisted of four stages: planning, action, observation, and reflection. The results of this study shows an increased of reading interest, from the initial conditions using the pretest obtained mastery 30% of the total number of children in one class. After the first cycle of action the mastery increases to 57% and after the second cycle to 83%. The conclusions of this research is the application of the illustrated word playing cards can increasethe reading interest of children on Group B TK Pembina Surakarta academic year 2013/2014.

Keywords: Interests Read, Learning through Play, Illustrated Word Cards


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.