candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini di TK N Pembina Cawas Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012

Widi Prastiwi, Samidi ., Lies Lestari

Sari


ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal membaca dan menulis permulaan melalui metode Struktur Analitik Sintetik di TK N Pembina Cawas dan meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kemampuan mengenal membaca dan menulis permulaan di TK N Pembina Cawas Tahun Pelajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode struktur analitik sintetik ( SAS ) dapat meningkatkan kemampuan mengenal membaca dan menulis permulaan pada anak kelompok B2 di TK N Pembina Cawas Tahun Pelajaran 2011/2012.

Keywords: metode SAS, kemampuan membaca permulaan, menulis permulaan.

ABSTRACT The purpose of this study is to improve the ability to know reading and writing through the beginning of Analytical methods Synthetic Structures in TK N Pembina Cawas and improve the quality of learning, especially in raising familiar with reading and writing skills beginning in Kindergarten Lesson N Pembina Cawas Year 2011/2012. Form of research is classroom action research consists of two cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. Based on these results we can conclude that the application of the analytic structure of the synthetic method (SAS) can improve the ability to know reading and writing at the beginning of kindergarten children in group B2 N Pembina Cawas Lessons Year 2011/2012.

Keywords: SAS method, the ability to read the beginning, write srarters.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.