candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA KULIAH GEOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN MATEMATIK-LOGIS DAN LINGUISTIK

Octarina Hidayatus Sholikhah, Winda Ayu Cahya Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe NHT atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, mahasiswa dengan kecerdasan matematik-logis atau linguistik, (3) pada Mata Kuliah Geometri dengan model pembelajaran langsung dan NHT, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, mahasiswa dengan kecerdasan matematik-logis atau linguistik, (4) dengan memperhatikan kecerdasan matematik- logis dan linguistik, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik. Teknik analisis data menggunakan Anava Dua Jalan sel tak sama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) mahasiswa dengan kecerdasan linguistik mempunyai prestasi belajar lebih baik (3) pada Mata Kuliah Geometri dengan model pembelajaran NHT, mahasiswa yang memiliki kecerdasan linguistik lebih baik prestasinya daripada yang memiliki kecerdasan matematik-logis. Namun, dengan model pembelajaran langsung mahasiswa yang   memiliki kecerdasan matematik-logis lebih baik prestasinya daripada yang memiliki kecerdasan linguistik, (4) dengan memperhatikan kecerdasan matematik-logis dan linguistik, model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran langsung.

Keywords


NHT; geometri; matematik-logis; linguistik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats