candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA SMP WIDYA WACANA 2 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mahendra Dany Pratama, Ponco Sujatmiko, Rubono Setiawan

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Mendeskripsikan  model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan kemandirian belajar matematikapada siswa kelas VIII SMP Widya Wacana 2 Surakarta dan mengetahui peningkatan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Widya Wacana 2 Surakarta setelah mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kemandirian belajar matematika siswa. Data kemandirian belajar matematika siswa diperoleh dari hasil observasi di setiap pertemuan dan hasil angket yang diberikan ke siswa di setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 75% siswa termasuk kategori tinggi dalam kemandirian belajar matematika yakni diatas 75% menurut hasil observasi dan angket.

Hasil penelitian meyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa adalah: 1) Kegiatan awal, yaitu: a) Guru membuka pelajaran dan mengajak siswa berdoa b) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. c) Guru memberi motivasi mengenai kegunaan materi ataupun soal tantangan dari materi yang dipelajari d) Guru meminta siswa mengingat materi yang mendukung pembelajaran e) Guru memberikan penjelaskan mengenai teknis pelaksanaan model TGT. 2) Kegiatan Inti: a) Guru menyampaikan materi pelajaran secara umum. b) Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang heterogen. c) Guru meminta setiap kelompok mendiskusikan lembar kerja. d) Guru memantau kegiatan diskusi terus-menerus. e) Guru meminta seluruh kelompok untuk bergiliran presentasi. f) Guru meminta kelompok lain menanggapi atau bertanya. g) Guru mempersiapkan kelengkapan game dan tournament di setiap meja tournament. h) Guru mengelompokkan siswa secara homogen dari masing-masing kelompok di meja tournament i) Guru memantau jalannya game di masing-masing meja. j) Guru meminta pergeseran meja tournament ketika 1 set game selesai. k) Guru merekap hasil tournament untuk keperluan rekognisi tim 3) Penutup: a) Guru bersama-sama dengan siswa membuat simpulan. b) Guru memberikan kesempatan siswa untuk mencatat dan bertanya. c) Guru memberikan kuis kepada siswa. d) Guru memberi umpan balik berdasar hasil kuis. e) Guru memberikan pekerjaan rumah atau tugas untuk siswa. f) Guru memberikan penghargaan kelompok sesuai hasil tournament. g) Guru memberikan informasi mengenai materi pertemuan selanjutnya. h) Guru menutup pelajaran. Berdasarkan hasil angket siklus II, jika dibandingkan dengan kemandirian belajar matematika sebelum tindakan diperoleh bahwa persentase siswa  yang termasuk kategori tinggi pada indikator Personal Atributtes meningkat sebesar 57,27% menjadi 77,27%. Untuk indikator Processes meningkat 36,36% menjadi 86,36%. Untuk indikator Learning Context meningkat 71,36% menjadi 86,36%. Sedangkan hasil observasi siklus II, jika dibandingkan dengan kemandirian belajar matematika sebelum tindakan diperoleh bahwa persentase siswa  yang termasuk kategori tinggi pada indikator Personal Atributtes meningkat sebesar 66,36% menjadi 86,36%. Untuk indikator Processes meningkat 42,27% menjadi 77,27%. Untuk indikator Learning Context 77,27%.


Keywords


Teams Game Tournament (TGT), kemandirian belajar matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.