candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN SOAL CERITA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL YANG MEMUAT NILAI MUTLAK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SEMESTER II SMAN 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Irene Andita, Ikrar Pramudya, Ira Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis yang dilakukan oleh siswa dengan minat belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah matematika berbentuk soal cerita pada materi persamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak berdasarkan tahapan pemecahan masalah Krulik dan Rudnick. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket, tes, dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan menggunakan triangulasi waktu. Langkah-langkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) siswa minat belajar matematika tinggi dapat melakukan semua tahapan proses berpikir kritis yaitu melaksanakan tahap membaca sampai dengan tahap meninjau kembali dan memperluas dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak berdasarkan tahapan pemecahan masalah Krulik dan Rudnick; (2) siswa dengan minat belajar matematika sedang dapat melakukan semua tahapan proses berpikir kritis yaitu melaksanakan tahap membaca sampai dengan tahap meninjau kembali dan memperluas dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak berdasarkan tahapan pemecahan masalah Krulik dan Rudnick; dan (3) siswa dengan minat belajar matematika rendah tidak dapat melakukan semua tahapan proses berpikir kritis yaitu melaksanakan tahap membaca sampai dengan tahap penyelesaian dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak berdasarkan tahapan pemecahan masalah Krulik dan Rudnick. Pada tahap meninjau kembali dan memperluas, siswa minat belajar matematika rendah tidak meneliti kembali jawaban yang diperolehnya

Keywords


proses berpikir kritis menurut Ennis, tahapan pemecahan masalah berdasarkan Krulik dan Rudnick, minat belajar matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.