candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN DRILL AND PRACTICE PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 TERAS SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Emy Fajar Utami, Agung Nugroho Catur Saputro, Sri Mulyani

Abstract


Tujuan penelitian ini (1) Meningkatkan interaksi sosial siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan Drill and Practice dalam kegiatan pembelajaran materi stoikiometri. (2) Meningkatkan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan Drill and Practice dalam kegiatan pembelajaran materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumen, angket penilaian diri dan tes. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan Drill and Practice pada pembelajaran materi stoikiometri dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas X MIA 4. Ketercapaian interaksi sosial siklus I sebesar 61,76% dan siklus II meningkat menjadi 82,35%. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan Drill and Practice pada pembelajaran materi stoikiometri, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIA 4 ditunjukkan dari aspek pengetahuan siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 41,17% dan siklus II meningkat menjadi 70,58%. Aspek sikap siklus I ketercapaiannya sebesar 100% dan siklus II ketercapaian tetap 100% dengan peningkatan pada indikator kejujuran dan rasa ingin tahu. Aspek keterampilan dilaksanakan I siklus dengan ketercapaian sebesar 100%.


Keywords


Teams Games Tournament (TGT); Drill and Practice; Interaksi Sosial; Prestasi Belajar; Stoikiometri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats