candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI POKOK BAHASAN KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLALI

Atika Nurrochma, Sulistyo Saputro, Sri Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara model pembelajaran tipe kooperatif Team Assisted Indiviualization (TAI) dan Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan matematik terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi antara model pembelajaran tipe kooperatif Team Assisted Indiviualization (TAI) dan Group Investigation (GI) jika ditinjau dari kemampuan matematik terhadap prestasi belajar siswa pada materi Stoikiometri pokok bahasan konsep mol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 dan siswa kelas X MIA 3 yang diterapkan model pembelajaran Team Assisted Indiviualization (TAI) dan Group Investigation (GI) yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama dan Kruskal-Wallis. Hasil dari penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar siswa hanya pada aspek pengetahuan (2) terdapat pengaruh kemampuan matematik terhadap prestasi belajar siswa hanya pada aspek pengetahuan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Group Investigation (GI) dengan kemampuan matematik terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada materi Stoikiometri pokok bahasan konsep mol.


Keywords


TAI; GI; Kemampuan Matematik; Prestasi Belajar; Konsep Mol

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats