STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TGT DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM DASAR KIMIA

. Susanto, Endang Susilowati, . Haryono

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah pembelajaran kimia dengan metode TGT dapat memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode STAD pada materi pokok hukum dasar kimia kelas X semester gasal di SMAN 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester gasal di SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri atas 8 kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling (pemilihan kelas secara acak). Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X.4 sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran dengan metode TGT) dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen II (pembelajaran dengan metode STAD). Pengambilan data penelitian menggunakan tes kognitif dan angket afektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan metode pembelajaran TGT memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode STAD pada materi pokok hukum dasar kimia kelas X semester gasal di SMAN 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

Kata Kunci : Teams games Tournaments (TGT), Students Teams Achievement Divisions (STAD), Prestasi Belajar Siswa, dan Materi Hukum Dasar Kimia

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
Sekretariat : Gedung D Lantai 1 Jurusan PMIPA FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp/Fax : (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@ymail.com