candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DILENGKAPI MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH DAN PLASTISIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN

Toto Gusbandono, J. S. Sukardjo, Suryadi Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar aspek kognitif dan aspek afektif siswa dalam penggunaan metode pembelajaran STAD dengan media animasi macromedia flash dan alat peraga plastisin pada materi pokok ikatan kimia kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Sambungmacan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelompok eksperimen I (metode STAD dengan media plastisin) dan kelompok eksperimen II (metode STAD dengan macromedia flash) yang dipilih secara cluster random sampling. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan metode pembelajaran STAD dilengkapi media plastisin memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode STAD yang dilengkapi media animasi macromedia flash pada materi pokok ikatan kimia kimia kelas X semester gasal di SMAN 1 Sambungmacan tahun pelajaran 2012/2013.


Kata Kunci :students teams achievement divisions (STAD), prestasi belajar siswa, macromedia flash, plastisin, ikatan kimia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats