candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL STIMUASI KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN STANDAR KOMETENSI PADA MATA PELAJARAN IPS

Hadiyah Hadiyah

Abstract


Abstract: Of the research aims to know about: (1) Does the use of multiple intelligences stimulation model to improve the achievement of competency standards in social studies in primary school in Surakarta can perform well. (2) How effective stimulation model of multiple intelligences to improve the achievement of competency standards in social studies in primary school in Kota Surakarta.Penelitian was conducted in the fourth grade elementary school districts Laweyan Kleco 1 Surakarta. The subjects were students of class IV were 51 people. This research was conducted with a model of action research. Draft enelitian with the model cycle of Taggart and Kemmis. Mechanical pengunpulan data by observation, interview and test. Data were analyzed using descriptive analysis techniques kualitatif.Berdasarkan calculations in the analysis can be dismpulkan sebaagai the following: (1) The use of models of multiple intelligences stimulation to improve the achievement of competency standards in social studies in the fourth grade primary school in Surakarta can be done well. (2) The use of multiple intelligences stimulation model to increase the achievement of competency standards subjects of IPS in the fourth grade primary school in Surakarta very effective.

 

Abstrak:Penelitain ini bertujuan mengetahui tentang: (1) Aapakah enggunaann  model stimulasi kecerdasan majemuk untuk meningkatkan pencapaian standar kompetensi pada mata pelajaran IPS di SD Negeri di Kota Surakarta dapat melaksanakan dengan baik. (2) Seberapa efektif model stimulasi kecerdasan majemuk untuk meningkatkan pencapaian standar kompetensi pada mata pelajaran IPS di SD Negeri di Kota Surakarta.Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Kleco 1 kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 51 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan model penelitian tindakan kelas. Rancangan enelitian dengan model siklus dari Taggart dan Kemmis. Teknik pengunpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan test. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Berdasarkan perhitungan dalam analisis tersebut dapat dismpulkan sebaagai berikut: (1) Penggunaan model model stimulasi kecerdasan majemuk untuk meningkatkan pencapaian standar kompetensi pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri di Kota Surakarta dapat terlaksana dengan baik. (2) Penggunaan model stimulasi kecerdasan majemuk untuk meningkatakan pencapaian standar kompetensi ada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri di Kota Surakarta sangat efektif.

 

Kata Kunci: Stimulasi Kecerdasan Majemuk, Standar Kompetensi, Mata Pelajaran IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268