candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERUMUSAN DASAR NEGARA PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Imam Sholeh, Sadiman, Siti Istiyati

Abstract


Abstract : The purpose of this research is to improve the concept understanding of basic formulation of Pancasila using Mind Mapping model of the student in Grade VB of state Primary School of Kateguhan 2 in Academic Year 2016/2017. This research used the classroom action research with two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely, planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were are the students as many 25 students in Grade V of the school. Data analysis techniques that use data collection, data reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. Data validity using technique triangulation and source triangulation. The results showed that the application of learning model Mind Mapping can improve the understanding of the basic formulation of state Pancasila on VB students SD Negeri Kateguhan 2 academic year 2016/2017. Before the learning model of Mind Mapping is seen, the students who reach the KKM consist of only 5 students or 20% in pre-action data. In the first cycle, students mastery increased to 44%. In the second cycle, students mastery rose to 80%. From the results of my research can be concluded that by applying the model of learning Mind Mapping can improve understanding of the basic formulation concept of Pancasila state in the students of grade VB SD Negeri Kateguhan academic year 2016/2017.

 

Abstrak : Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perumusan dasar negara Pancasila dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas VB SD Negeri Kateguhan 2 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan pada dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri Kateguhan 2 dengan jumlah siswa yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman kosep perumusan dasar negara Pancasila pada siswa kelas VB SD Negeri Kateguhan 2 tahun ajaran 2016/2017. Sebelum dilakukan model pembelajaran Mind Mapping terlihat siswa yang mencapai KKM hanya terdiri dari 5 siswa atau 20% pada data pratindakan. Pada siklus pertama ketuntasan siswa meningkat menjadi 44%. Pada siklus kedua ketuntasan siswa naik menjadi 80%. Dari hasil penelitian yang saya lakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep perumusan dasar negara Pancasila pada siswa kelas VB SD Negeri Kateguhan tahun ajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: Pemahaman konsep, perumusan dasar negara Pancasila, Mind Mapping

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.