candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SD

Nirmala Indri Putri

Abstract


Abstract : The purpose of this study is to determine the improvement of IPS learning outcomes through the application of Inquiry approach with NHT learning model in fourth grade students of SD Negeri Sukorejo Subdistrict Suruh Kabupeten Semarang in the first semester of the academic year 2017/2018. The design of this study is a classroom action research (PTK). The research variable is the independent variable of Inquiry approach with the NHT learning model and the dependent variable of IPS student learning outcomes. Data collection techniques by means of observation and evaluation. Instrument of data collection with observation sheet, written test and multiple choice. Quantitative data analysis techniques (learning outcomes). The result of the research shows that the increase of IPS learning result after the action given in cycle I is only 20 students (66,7%) whose value is above KKM (≥80) while in cycle II all students reach the completeness in learning (100%). The increase also occurs on the average grade obtained. In cycle I the average student score 74.33 and in cycle II 88.16

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan pendekatan Inquiry dengan model pembelajaran NHT pada siswa kelas IV SD Negeri Sukorejo Kecamatan Suruh Kabupeten Semarang pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yaitu variabel bebas pendekatan Inquiry dengan model pembelajaran NHT dan variabel terikatnya hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis dan pilihan ganda. Teknik analisis data kuantitatif (hasil belajar). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS setelah diberikan tindakan pada siklus I  hanya 20 siswa (66,7%) yang nilainya diatas KKM (≥80) sedangkan pada siklus II seluruh siswa mencapai ketuntasan dalam belajar (100%). Peningkatan juga terjadi pada nilai rata-rata kelas yang diperoleh.Pada siklus I rata-rata nilai siswa 74,33 dan pada siklus II 88,16.

Kata Kunci: Pendekatan Inquiry, NHT,Hasil Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.