candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL NHT (NUMBER HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD

Martha Hayu Chriztiani, Setyorini

Abstract


Abstract : This study aims to determine the effect of NHT model with conventional learning model on learning outcomes in science subjects in grade V elementary school. The research method used is experimental method with pretest-posttest control group design design. Instrument used consisted of test instrument and non test that is test aim to know result of student learning while non test in the form of observation to know execution of NHT model and conventional learning model. Data obtained from the test were analyzed using t test. The results showed that there was a significant effect on the learning outcomes of students using NHT learning models rather than conventional learning models. It can be seen from the average of learning result by using NHT model equal to 81,11, whereas with conventional learning model 75,00. That means there is an effect of using NHT model with conventional learning model on learning outcomes in science subjects of grade V elementary school students.

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model NHT dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan non tes yaitu tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sedangkan non tes berupa observasi untuk mengetahui keterlaksanaan model NHT dan model pembelajaran konvensional. Data yang didapat dari pemberian tes dianlisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT dari pada model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rerata hasil belajar dengan menggunakan model NHT sebesar 81,11, sedangkan dengan model pembelajaran konvensional 75,00. Itu berarti terdapat pengaruh penggunaan model NHT dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: NHT, Pembelajaran Konvensional, Alat Pernapasan Manusia, Hasil Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268