candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BANGUNRUANG KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA SD KELAS V

Khurnia Tri Khusma, Haris Nusarastriya

Abstract


Abstract : The background of the problems in this research is to improve the learning outcomes of mathematics on the material of the cube and block building volume for V SD students. This is due to the learning process that is dominated by lectures by teachers. Lack of frequently asked questions and group discussions so students can not actively learn and less effective lessons. This study aims to improve the results of mathematics learning with the implementation model of type talking chips. The subjects of the study are 5th grade students consisting of 24 students. Based on the research, the students' learning achievement is complete in pre cycle with percentage of 21%, then increase through cooperative learning model of talking chips type. The results of the acquisition score analysis in the first cycle of the completeness value of 75% and cycle II increased to 92%. It shows that cooperative type learning model of talking chips improves mathematics learning outcomes on the material of cube and block building volume for students of grade V SD of academic year 2017/2018

Abstrak : Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika pada materi volume bangun ruang kubus dan balok bagi siswa V SD. Hal tersebut disebabkan  proses pembelajaran yang didominasi metode ceramah oleh guru. Kurangnya  tanya jawab dan diskusi kelompok sehingga siswa tidak dapat belajar secara aktif dan pembelajaran berkesan kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan model implementasi tipe talking chips. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 5 SD yang terdiri dari 24 siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil belajar siswa tuntas pada pra siklus dengan persentase sebesar 21%, kemudian mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking chips. Hasil analisis skor perolehan pada siklus I nilai tuntas sebesar 75% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 92%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking chips meningkatkan hasil belajar matematika pada materi volume bangun ruang kubus dan balok bagi siswa kelas V SD tahun ajaran 2017/2018

Kata Kunci: Model talking chips,  hasil belajar



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268