candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENJUMLAHKAN BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Endang Iswati

Abstract


 

Abstract: The purpose of this study is to increase the activity and achievement of students learning mathematics sum of numbers up to 20 in grade 1 students SD Negeri 6 Karangrayung Semester 1 year Lesson 2015/2016. Learning activities are conducted with 2 cycles, using role playing methods. The student score before using role playing method with Minimum Exhaustiveness Criterion (KKM) of 48,72% has not been completed and has been completed 51,28%. In the execution of Cycle I that has not completed 30.77% and that has been completed as much as 69.23%, in Cycle II students who have not completed 2.56% and students who have completed 97.44%. The average of student achievement on the initial condition to the condition of Cycle I there is an increase of 9.75 and at the condition of cycle I Cycle II condition there is an increase of 10.51.

 

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan aktifitas dan prestasi siswa belajar Matematika penjumlahan bilangan sampai 20 pada siswa kelas 1 SD Negeri 6 Karangrayung Semester 1 tahun Pelajaran 2015/2016. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus, menggunakan metode bermain  peran. Nilai siswa sebelum menggunakan metode bermain peran dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 48,72% belum tuntas dan sudah tuntas 51,28%. Pada pelaksanaan Siklus I yang belum tuntas 30,77% dan yang sudah tuntas sebanyak 69,23%, pada Siklus II siswa yang belum tuntas 2,56% dan siswa yang telah tuntas mencapai 97,44%. Rata-rata prestasi siswa pada kondisi awal ke kondisi Siklus I ada peningkatan sebesar 9,75 dan pada kondisi Siklus I kekondisi Siklus II ada peningkatan sebesar 10,51.   

Kata Kunci : Bermain Peran, Keaktifan, Prestasi belajar siswa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.