candi borobudur kerajaan di indonesia

MODIFIKASI PEMBELAJARAN STATISTIKA MATEMATIKA DENGAN METODE PETA KONSEP MELALUI PENDEKATAN ANALOGI

Triyanto Triyanto

Sari


ABSTRAK

 

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan model dan perangkat pembelajaran Statistika Matematika I melalui modifikasi pembelajaran dengan metode peta konsep melalui pendekatan analogi,  dengan harapan kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.

Sejalan dengan tujuan penelitian tersebut maka penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Sedangkan dalam penerapannya,  penelitan ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif untuk mengetahui pengaruh pembelajaran peta konsep melalui pendekatan analogi (yang dikembangkan) terhadap prestasi  belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika Matematika I.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa yang secara acak dari mahasiswa yang mengambil mata kuliah  Statistika Matematika I tahun akademik 2010/2011. Dari sampel tersebut 35 mahasiswa ditempatkan dalam kelas eksperimen dan 35 mahasiwa yang lain ditempatkan dalam kelas kontrol.

Hasil penelitian ini adalah 1) Telah dikembangkan perangkat pembelajaran yang  berupa bahan ajar dan RPP untuk mata kuliah  Statistika Matematika I yang mengacu pada pembelajaran peta konsep melalui pendekatan analogi. 2) Terdapat pengaruh positif pembelajaran peta konsep melalui pendekatan analogi pada mata kuliah Statistika Matematika I di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Kata Kunci : Statistika Matematika, Peta Konsep, Analogi

1)         Artikel hasil penelitian

2)         Staf Pengajar pada Program Studi Pend. Matematika, FKIP, UNS


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.