candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP DALAM MEMPERSIAPKAN CALON TENAGA PENDIDIK KIMIA PROFESIONAL

Friska Septiani Silitonga, Kasta Gurning

Abstract


Pembelajaran kimia di Universitas Maritim Raja Ali Haji dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mengalami beberapa tantangan antara lain: (1) mahasiswa kurang dapat menyampaikan gagasan/konsep awal yang dimiliki pada proses pembelajaran; (2) mahasiswa masih memiliki kekeliruan dalam konsep yang dimiliki; (3) mahasiswa memiliki kecenderungan untuk menghafal materi dan mengejar nilai. Tantangan juga bagi dosen untuk dapat mengaktifkan mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model mengajar menginduksi perubahan konsep (M3PK) mampu mengaktifkan mahasiswa dalam proses pembelajaran, mengetahui konsep awal yang dimiliki oleh mahasiswa, dapat membangun kerangka berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model mengajar menginduksi perubahan konsep dalam belajar kimia unsur, menggambarkan aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan sampling jenuh mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia berjumlah 50 orang. Desain penelitian yang digunakan non equivalent control group design. Dari analisa data diperoleh rata-rata skor tes awal mahasiswa kelas eksperimen sebesar 45,2 dan skor tes akhir mahasiswa diperoleh sebesar 81,04. Sedangkan rata-rata skor tes awal mahasiswa kelas kontrol sebesar 47 dan skor tes akhir sebesar 71,8. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan α=0,05 diperoleh thitung (9,342) > ttabel (1,711) yang artinya pembelajaran dengan menggunakan model mengajar menginduksi perubahan konsep mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada topik kimia unsur dengan peningkatan hasil belajar sebesar 65% dengan kata lain Ho ditolak. Nilai ketuntasan belajar mahasiswa dengan nilai KKM>75 sebesar 84%. Dari hasil analisis juga di dapatkan persentase aktivitas mahasiswa sebesar 75%. Sehingga dengan mengembangkan model mengajar menginduksi perubahan konsep mampu mengaktifkan mahasiswa dalam proses pembelajaran dan dapat menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki soft skill di bidang pendidikan kimia sehingga mampu bersaing nantinya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

 

 


Keywords


M3PK, hasil belajar, profesional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2016 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp : (0271) 646994 ext 376 , Fax : (0271) 648939
Email : jkpk@fkip.uns.ac.id

View JKPK Stats