candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS BABAD KADHIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEJARAH SISWA SMA TERHADAP NILAI-NILAI SEJARAH LOKAL

Belly Isayoga Kristyowidi, Sariyatun Sariyatun

Sari


Pengembangan media komik berbasis Babad Kadhiri telah dikembangkan sebagai media yang efektif dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dapat direalisasikan dalam praktik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalis penggunaan media pembelajaran sejarah di SMA kota Kediri, (2) Mengembangkan media komik yang berbasis Babad Kadhiri, (3) Menilai keefektivan penggunaan media komik berbasis Babad Kadhiri untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA terhadap nilai-nilai sejarah lokal.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) yang diadaptasi dengan desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Developmenment, Evaluate). Populasi penelitian ini adalah SMA di Kota Kediri diantaranya SMA Pawyatan Daha dipilih sebagai kelompok eksperimen dan SMA Negeri 3 Kediri dipilih menjadi kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan test prestasi. Uji coba intrumen tes prestasi meliputi validitas butir soal dan realibilitas.

Langkah pengembangan media komik berbasis Babad Kadhiri meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) desain media, (3) pengembangan media, (4) implementasi, (5) evaluasi, dan dilanjutkan dengan melakukan uji validasi tim ahli materi maupun ahli media serta uji efektivitas media. Berdasarkan hasil uji efektivitas media komik berbasis Babad Kadhiri menunjukan hasil yang baik dan signifikan. Hasil ini berdasarkan analisis uji efektivitasan hasil post test kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pernyataan tersebut dibuktikanĀ  berdasrkan analisis uji t. dari uji t diperoleh dengan signifikasi 0,05. Maka dengan demikian dapat simpulkan bahwa pengembangan media komik berbasis Babad Kadhiri efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA terhadap nilai-nilai sejarah lokal.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Komik, Sejarah Lokal


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.