candi borobudur kerajaan di indonesia

REFINEMENT STRUKTUR KRISTAL SUPERKONDUKTOR BSCCO–2212 DENGAN SUBSTITUSI Pb

Dwi Teguh Rahardjo

Abstract


Analisis refinement struktur kristal telah dilakukan pada data XRD superkonduktor BSCCO-2212 yang disubstitusi Pb. Superkonduktor fase BSCCO-2212 disintering pada suhu 8200C dan dikalsinasi pada suhu 8000C. Waktu sintering sampel divariasi pada 0, 12, 24, 36, dan 48 jam.
Pembentukan bahan superkonduktor BSCCO-2212 dimulai dari komposisi awal stoikhiometri melalui metode reaksi padatan. Analisis refinement data XRD dilakukan melalui analisis Rietveld dengan metode Least Square yang data model awal dicocokkan dengan data dari XRD. Hasil analisis
profil XRD oleh software Celref menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan fraksi volume BSCCO-2212 dan impuritas bersamaan dengan waktu sintering yang lebih lama. Hasil analisis refinement pada faktor reliabilitas melalui software Fullprof menunjukkan ada kecenderungan penurunan faktor reliabilitas profil. Residu profil terendah adalah Rp = 23%, Rwp = 20,3%, dan χ2 = 23,5% tanpa refinement isotropik suhu. Dari analisis refinement struktur kristal juga menunjukkan bahwa struktur kristal BSCCO-2212 adalah orthorombik dengan grup ruang Fmmm.

Kata Kunci : Refinement, Rietveld method, Least Square, BSCCO-2212


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.